Pengorbanan Shilla


Shila adalah anak yang cukup pandai , dia sangat baik hati dan ramah kepada semua orang . Grita atau yang akrab disapa Gita adalah sahabat dari Shila , namun sikap Gita sangat bertolak belakang dengan Shila . Gita adalah anak yang keras kepala dan sangat egois . Pada suatu ketika saat libur sekolah Gita berkunjung kerumah Shila yang tak jauh dari rumahnya . “ pagi Shila “ sapa Gita ketika dibukakan pintu oleh Shila . “ hei pagi juga “ jawab Shila ramah dan menyuruh Gita duduk diruang tamunya . Terlihat Shila menyembunyikan sesuatu dibalik bantal didekat sofa ruang tamu dirumahnya begitu Gita duduk disebelahnya . “ sendirian Shil? “ tanya Gita sambil memandang seisi rumah Shila yang cukup besar itu . Shila hanya tersenyum dan mengangguk . “ oiya gue ambilin minum dulu yah! “ ucap Shila sambil mengambil sesuatu yang dibalik bantal itu lalu pergi ke dapur mengambil minuman untuk Gita .
Selang beberapa menit kemudian Shila kembali lagi ke ruang tamu dengan membawa sebotol air minum sekaligus gelasnya dan sedikit makanan kecil . “ cuma segini aja, gapapa ya “ kata Shila . “ iya gapapa, slow aja “ jawab Gita cuek sambil mengotak atik handphone nya . Lalu Gita mengambil sebuah stick keju didalam toples makanan kecil . “ Shil! tau ga sih! gue itu sayang banget sama Rafa “ curhat Gita tiba-tiba dan itu membuat Shila tersedak minuman . “ eh, kenapa? kok batuk gitu? “ tanya Gita sambil memegang bahu Shila dan Shila menggeleng . “ gue ke kamar mandi dulu yah “ pamit Shila meninggalkan Gita sendiri diruang tamu dan handphone Shila tertinggal dimeja ruang tamu . Gita memandang cemas kepergian Shila dari jauh . “ Shila kenapa sih? “ batin Gita . Lalu dikamar mandinya terlihat Shila sedang menangis . “ gue emang pernah sayang sama Rafa , tapi gue juga sayang sama Gita . ya ALLAH apa aku sanggup memendam perasaan ini demi orang lain “ ucap Shila sambil menghapus air matanya lalu keluar dari toilet .
“ sory lama, tadi kebelet pipis “ kata Shila beralasan . “ iya gapapa, tapi lo tadi batuk kenapa? “ tanya Gita cemas . “ hah? em . gue keselek aja, soalnya gak pelan-pelan minumnya “ ucap Shila yang lagi-lagi berasalan . “ yang bener? “ tanya Gita meyakinkan . “ iya sayang “ jawab Shila ramah . “ oh yaudah kalau begitu! eh, nonton Dream High dong say “ pinta Gita yang memang menyukai drama Korea . “ kemarin belum tamat ya kita nontonnya? “ tanya Shila sambil membuka tempat DVD yang berisi puluhan kaset . “ beluman “ jawab Gita singkat .
Akhirnya film pun diputar dan mereka menonton dengan serius . “ Sam Dong nya ganteng yah kaya Rafa “ ucap Shila tiba-tiba dan menjatuhkan sesuatu dibawah sofa . “ ha? hehe iyaiya “ jawab Gita . Saat mereka sedang asik menonton tiba-tiba , Gita memandang Shila dengan perasaan kaget . “ ini apa say? “ kata Gita yang memegang hidung Shila lalu Shila mengusap tangan Gita dan beralasan . “ ini cream stroberi say , maklum kue kesukaan gue “ ucap Shila berasalan dan Gita hanya mengangguk . “ aduh ! perut gue sakit , gue ke kamar mandi dulu yah “ pamit Shila lalu berlari ke kamar mandi .
Sesampainya dikamar mandi , dia mengusap hidungnya yang mengeluarkan darah . Dia mengambil sebuah tissue dan mengelap hidungnya dengan tissue itu lalu dia membuka kran air wastafel terlihat banyak darah yang ada diwastafel itu . Kepala Shila terlihat pusing dan pandang matanya terlihat buram dan seketika dia terjatuh .
Handphone Shila bergetar dan Gita tak sengaja melihat sms yang masuk di handphone Shila itu dan ternyata dari Rafa . “ Shil! udah istirahat belum? aku ngga mau yah, terjadi apa-apa sama kamu “ begitulah bunyi sms Rafa . “ ngapain dia sms Shila? perhatian banget kayanya! Ih! temen makan temen “ omel Gita . Tiba-tiba saja handphone Shila berdering dan ternyata telpon dari Rafa, secepat mungkin Gita lalu mengangkatnya .
Pembicaraan via telpon :
Rafa : Halo?
Gita : Iyaa.. Knpa Raf?
Rafa : Udah minum obat belum?
Gita : obat? (ucap Gita pelan) oh iyaiya udahan..
Rafa : Kok sms aku ga dibales,
Gita : Oh, maaf aku ga ada pulsa! Gapapa kan ya?
Rafa : Iya.. Eh, iya Gita main kerumah kamu ga?
Gita : Ih! Ini aku Gita, sayang!
Tiba-tiba telpon pun terputus dengan sendirinya . Gita sangat kesal dengan semua percakapannya tadi dengan Rafa . “ jadi dia nganggep gue ini Shila! Mentang-mentang gue yang ngangkat telponnya, kurang ajar Shila! Temen apaan! Jadi slama ini dia berhubungan sama Rafa, dan Rafa? Hah! Sama aja! “ gumam Gita . Dengan sangat marah dan masih terlihat kesal Gita segera pergi dari rumah Shila tanpa berpamitan .
Sementara Shila yang berada dikamar mandi , telah tergelatak pingsan dengan bibir pucat pasih dan tak ada satu orang pun mengetahui itu . Semua orang rumah juga tidak tau akan keberadaan Shila , papa dan mamanya sedang pergi ke luar kota karena study banding dari tempat kerjanya .

**
Sehari setelah itu dikabarkan Shila telah meninggal dunia . “ yampun Shil! Kenapa bsa gini sih.. “ ucap Mamanya ketika sampai dirumah melihat Shila terbujur kaku dipembaringan terakhirnya . “ siapa yang menemukan anak saya? “ tanya Papa Shila yang cemas . “ saya! “ ucap Rafa sambil memunculkan dirinya dari balik tirai ruang tamu Shila . Semua menoleh ke arah Rafa . “ kamu? “ ucap Papa dan Mama Shila . “ om sama tante tega ya! Shila yang punya penyakit parah ga pernah perhatiin, om sama tante selalu mikirin pekerjaan! Kalian ga tau kan, kalo Shila punya kanker otak! Kalian emang ga sayang sama Shila! “ jelas Rafa dengan sangat marah dan air matanya mulai menetes . “ jadi selama ini Shila? “ kata Mamanya lalu kemudian menangis . “ Shil! Maafin mama, mama salah sama kamu, maafin mama ga pernah perhatiin kamu.. “ ucap Mama Shila sambil menangis memegang tangan Shila yang dingin itu . “ percuma tan! Shila udah ga bisa bangun lagi! “ omel Rafa .
Lalu setelah itu semuanya mengantar Shila untuk dimakamkan . Tak hentinya Rafa menangis saat jenazah Shila dimasukan keliang lahat . “ smoga tenang ya Shil, disana “ ucap Rafa terisak .

**
Seminggu setelah kejadian itu , Rafa menghampiri Gita ke ruang kelasnya saat bel pulang sekolah . “ Git! Udah denger kabar tentang Shila? “ tanya Rafa yang baru muncul setelah kepergian Gita dari rumah Shila saat Shila pingsan . “ ngapain nanyain Shila ke aku! Kamu kan udah cukup perhatian sama dia! Sampe kamu lupa, kalo kita pacaran! “ bentak Gita . “ apa? Perhatian ke Shila? Lupa? Git, aku itu sayang sama kamu! Shila cuma temen aku doang! “ jelas Rafa . “ boong! Dari kata sms nya waktu itu, kamu tuh kaya peduli gitu sama Shila! Kamu sukakan sama Shila! “ omel Gita . “ yampun Gita! Aku sms gitu karna Shila lagi sakit! Aku ga mau ada apa-apa sama Shila! Penyakit dia itu parah “ jelas Rafa lagi . “ penyakit apa? Dia pasti boong kan! Mana lagi tuh anak, ga keliatan kan batang idungnya dari tadi! Jadi temen kok TMT! “ omel Gita . “ heh! Kamu ati-ati yah! Kamu belum tau apa yang terjadi sama Shila! “ bentak Rafa . “ sini ikut aku! “ ucap Rafa sambil menarik tangan Gita lalu mengajaknya ke suatu tempat .

** Makam Shila
Gita masih memberontak karena dipaksa oleh Rafa . “ ngapain ajak aku kesini si ih! “ omel Gita dan mencoba melepas tangan Rafa namun Rafa tetap diam dan terus berjalan ke makam Shila .
Begitu sampai ditempat yang dituju, Gita teriak histeris . “ Marshelia Irena “ ucap Gita saat membaca papan nisan didepannya . “ itu.. itu kan.. nama Shila! “ lanjutnya lagi lalu air mata menetes tanpa ia sadari . Gita jatuh terduduk memandang gundukan tanah yang ada didepannya lalu meraba setiap tanah merah itu . “ Shila? “ ucapnya pelan . “ kok lo bisa kaya gini si? “ lanjutnya lagi . Lalu Gita berdiri dan memarahi Rafa . “ kamu crita ke aku sekarang! Ada apa sama Shila! “ omel Gita . “ nih! Baca.. “ ucap Rafa sambil memberikan sebuah buku diary berwarna ungu milik Shila . Gita pun membukanya dengan sangat hati-hati . Per lembar demi selembar kertas , dibacanya .
Lembar Ketiga
Aku sayang sama Rafa! Tapi dia pacar Gita.. Yatuhan hilangkan perasaan ini.. Biarlah Gita yang memiliki Rafa seutuhnya.
Lembar Kelima
Tuhan! Rasa sakit ini semakin ku rasa.. Aku tak kuat untuk merasakannya, hentikanlah penderitaan ini, ku mohon..
Lembar Kesepuluh
Aku kaget saat dokter memfonis, hidupku tinggal beberapa hari lagi! Aku harus membanggakan orang yang berada didekatku!
Lembar Kedua puluh
Maaf untuk semuanya.. Aku tidak kuat lagi untuk menahan rasa pedih ini, penyakitku telah menjalar ke seluruh bagian tubuhku.. Maafkan aku bila mempunyai salah! Buat GITA , jagain yah Rafanya.. Dia sayang sama elo.. Jangan kecewain dia J salam manis Shila
Tak terasa air mata menetes dengan derasnya dipipi Gita . “ lembarannya banyak yang hilang? “ ucap Gita . “  iya, aku juga ga tau kenapa banyak yang hilang! itu aku temuin setelah kamu ngangkat telpon dihandphonenya Shila! “ jelas Rafa . “ udah lama Raf! dia sakit apa? Kok kamu ga bilang ke aku.. Aku ga dateng waktu pemakaman dia “ ucap Gita yang masih terisak tangis . “ dia punya kanker otak! Slama ini kamu salah paham sama Shila! Dia emang ga pernah cerita ke kamu tentang penyakitnya.. Tapi aku selalu ada buat dia, aku juga sayang sama dia “ jelas Rafa yang juga meneteskan air mata . “ jadi.. selama ini.. yampun Shila! Baik banget sih sama gue! Maafin gue Shil, dulu gue pernah nuduh yang engga-engga sama lo! Gue nyesel banget sumpah! Andai elo masih ada, pasti gue akan bantu buat nyembuhin penyakit lo Shil “ kata Gita terisak . Rafa memeluk Gita dan menenangkannya . “ mulai sekarang dan seterusnya gue akan nemuin lo Shil! “ janji Gita sambil mengusap air matanya .
Derai air mata membasahi pipi
Saat tak ada lagi penjelasan yang bisa dijelaskan
Hanya sebuah penyesalan yang tiada terhingga
Tangisan tak berlaku saat dia telah tiada
Hanya doa dan kesabaran bisa membuat dia tenang
Saat sahabat yang dicinta tak dipercayai
Kini hanyalah ego yang menjadi benteng diri
Setelah itu Gita dan Rafa meninggalkan makam Shila dan kembali untuk pulang .
                                   Tamat..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Titik Balik

Kopi Pahit